Buka File pdf di Ubuntu

Kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu tools yang ada di Ubuntu. Tools yang akan kita bahas kali ini adah Document Viewer. Sebagian mungkin sudah tahu dan pernah menggunakan barangkali, tapi ada juga yang sudah menggunakan tapi tidak tahu bahwa itu Document Viewer bahkan mungkin ada yang belum tahu sama sekali. 


Bagaimana cara kita mendapatkan tools tersebut?

Document Viewer ini akan terinstal secara otomatis dalam sistem operasi Ubuntu(untuk yg 12.04 ga tau yang lain mah). Oleh karena itu kita tidak perlu lagi repot-repot untuk menginstalnya baik melalui Ubuntu Software Center ataupun melalui disk Repositori Ubuntu. 


Emang penting ada Document Viewer? Apa fungsinya?

Document Viewer tidak akan terinstal secara otomatis jika pihak developer tidak menganggapnya penting. Document viewer ini fungsinya sama dengan Adobe Reader, Foxit Reader, ataupun Nitro Reader yang biasa kita kenal di Sistem Operasi Windows. 


Kenapa tidak pakai Adobe Reader atau Foxit reader yang sudah familiar?

Dari interface dan kegunaan saja sudah hampir sama ko. Jadi ngapain kita repot-repot instal program lain ketika ada program yang bisa melakukan tugas seperti program tersebut(boros di hardisk jg loh). 


Kita bisa membuka Document viewer hanya dengan double klik file pdf yang kita miliki, karena sistem telah mengintegrasikannya sehingga file pdf langsung di buka dalam Document Viewer. Cara lainnya tanpa membuka dokumen terlebih dahulu ialah melalui fungsi search di Dash Home. 


Tampilan awal Document viewer Loh mana menu-menunya? Toolbarnya juga sedikit sih.. Ketika kita maksimalkan jendela makan kita bisa melihat menu-menunya..
Menubar pada Document Viewer Sub menu dari menu-menu yang ada di Document Viewer cukup simpel sehingga mudah di pahami. Kita bisa membuka file pdf yang kita miliki dengan melalui menu File → Open.


Untuk menambahkan tools di toolbar kita bisa menggunakan Edit → Toolbar


"Manfaatkanlah resource dan tools yang sudah ada dengan sebaik-baiknya"

Selamat bersenang-senang dengan Document Viewer

0 Comments:

Post a Comment



Template by - Abdul Munir | Free Blogger Templates - 2008